Apresiasi Luar Biasa di Penghujung Kegiatan High Five

Apresiasi Luar Biasa di Penghujung Kegiatan High Five

Tidak terasa selama tiga tahun sudah program STBM High Five telah berlangsung, berbagai terobosan inovasi maupun teknologi pun telah berhasil dicapai. Selain itu sejumlah hungungan baik juga
Dalam sambutannya, Deputy Mission Director USAID, Derrick Brown mengatakan bahwa pihaknya sangat gembira dengan keberhasilan yang dapat diraih High Five dalam menjalankan program STBM ini. “Semua ini tentunya tidak lepas dari dukungan semua pihak, maka dari itu dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan support yang telah kami terima,” katanya dalam acara malam puncak STBM yang berlangsung di UOB Plaza, Jakarta (3/4).

Menurut Derrick, walaupun program ini sudah berkahir, namun USAID sebagai mitra pemerintah akan terus mendukung perbaikan kondisi sanitasi di Indonesia. Seperti diketahui saat ini kondisi sanitasi di negeri ini belum berjalan optimal, di mana diketahui masih banyak warga yang melakukan praktek Buang Air Besar Sembarangan.

Sementara itu, Direktur Permukiman dan Perumahan, Bappenas, Nugroho Tri Utomo menyatakan bahwa pada awal pelaksanaan STBM merasa program ini merupakan sebuah mimpi yang sulit terwujud. “Tetapi, dengan dukungan yang kuat dari mitra dan semua pihak, akhirnya program ini bisa sukses  dan kami tentunya merasa senang dengan hasil tersebut,” ujar Nugroho dalam sambutannya.

Nugroho menambahkan, pada awal High Five mengutarakan niat untuk bergabung dalam STBM ini pihaknya merasa cukup gembira. “Apalagi, High Five khusus bergerak di wilayah perkotaan, yang memang belum disentuh pihak lain,” terangnya.

Lebih lanjut, Nugroho menerangkan bahwa dalam kesempatan ini pihaknya juga ingin mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik selama ini. “Harapannya kerjasama ini bisa kembali terjalin di lain kesempatan, dan kami sangat mengapresiasi semua yang telah dilakukan High Five hingga saat ini,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Nugroho juga menuturkan kabar gembira yaitu, berdasarkan data terakhir dari BPS menujukkan bahwa ada kenaikan capaian akses air minum dan sanitasi yang cukup besar, sehingga pada 2015 mendatang target MDGs terkait akses air minum dan sanitasi layak dapat tercapai dengan baik.

Kemudian, dalam sambutannya Direktur Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan, Wilfried H Purba mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi semua yang telah dilakukan High Five dalam menjalankan program STBM ini. “Harapannya, walaupun Hig Five telah berakhir, namun semangat High Five  dapat terus membara, sehingga target untuk mencapai 100% akses di 2019 mendatang dapat dicapai,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga turut dimeriahkan dengan pegumuman pemenang finalis TTG STBM dan acara lelang, yang nantinya dana hasil lelang tersebut akan disumbangkan pada Pokja STBM yang ada di Medan, Surabaya, dan Makasar.

Recommended Posts